KOORDINASI PROGRAM HOME CARE DI DINAS SOSIAL KOTA BENGKULU PANTI SOSIAL BINA LAR
Tanggal: Kamis, 03 Desember 2020
Topik: Berita


KOORDINASI PROGRAM HOME CARE DI DINAS SOSIAL KOTA BENGKULU
PANTI SOSIAL BINA LARAS “DHARMA GUNA” BENGKULU 
 
(II.A.1b)
Oleh 
Triyoni Rakhmawati, S.ST (Penyuluh Sosial Pertama)
 
A. Pendahuluan
Pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial merupakan bagian yang integral dari Pembangunan Nasional, sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, sebagai wujud nyata dari upaya melaksanakan pembangunan bidang kesejahteraan sosial, salah satu upayanya adalah penanggulangan masalah sosial penyandang disabilitas. Usaha pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas dilaksanakan dalam suatu rangkaian kegiatan yang bersifat pencegahan, pembinaan dan pengembangan, termasuk pemberian pelayanan dan rehabilitasi sosial dalam rangka memandirikan para penyandang disabilitas sehingga mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara optimal. 
Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang mempunyai kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dengan masyarakat Indonesia yang lainnya disegala aspek kehidupan dan penghidupan. Untuk mewujudkan kesamaan, kedudukan, hak, kewajiban dan peran PDM/ODGJ, diperlukan sarana dan upaya yang lebih memadai, terpadu dan berkesinambungan dari semua system sumber yang pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas. 
Berdasarkan Surat  Keputusan Menteri Sosial RI No. 06/HUK/2001 tanggal 26 Oktober 2001, Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Sosial RI yang memberikan Rehabilitasi Sosial bagi PDM/ODGJ di wilayah pulau Sumatera. Program Rehabilitasi Sosial yang diberikan di dalam Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu sangat penting untuk diketahui semua instansi yang terkait dan seluruh masyarakat.  Oleh karena itu, pada Tahun 2018 Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu melaksanakan kegiatan Koordinasi ke Dinas Sosial Kabupaten Bintan untuk persiapan kegiatan Home Care terhadap penyandang disabilitas mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan tujuan agar program home care yang diberikan dapat diketahui oleh masyarakat luas dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat.
B. Dasar Pelaksanaan
1. Undang-undang Nomor : 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.
2. Undang-undang Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa.
3. Undang-undang Nomor 8 tahun 2016  tentang Penyandang Disabilitas.
4. Peraturan Pemerintah Nomor : 43 Tahun 1998 tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat.
5. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor : 106/HUK/2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Panti Sosial di Lingkungan Departemen Sosial RI.
6. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu No : SP DIPA -027.04.2.560525/2018 Tanggal 05 Desember 2017.  
7. Surat Tugas Kepala Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu No : 787 - 790/PAS-PSBL/KP.07/03/2018 Tanggal 12 Maret 2018 Tentang Pelaksanaan Koordinasi untuk persiapan Pelaksanaan Kegiatan Penjangkauan melalui Program Home Care terhadap Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Tahun 2018 .
C. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Kegiatan koordinasi dimaksudkan untuk mendapatkan dukungan serta kemudahan-kemudahan bagi kelancaran pelaksanaan kegiatan Penjangkauan melalui Program Home Care terhadap Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Bengkulu Tahun 2018.  
2. Tujuan 
Kegiatan koordinasi bertujuan : 
a. Untuk mendapatkan informasi tentang data populasi Penyandang Disabilitas  Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah kota Bengkulu.
b. Menjajaki kemungkinan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka pengentasan permasalahan kesejahteraan sosial khususnya Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan GangguanJiwa (ODGJ) di wilayah kota Bengkulu.
c. Melakukan persiapan untuk kegiatan Penjangkauan melalui Program  Home Care terhadap Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah kota  Bengkulu.
D. Lokasi Kegiatan
Kegiatan koordinasi tentang persiapan kegiatan penjangkauan melalui program home care terhadap penyandang disabilitas mental (PDM)/Orang Dengan gangguan jiwa (ODGJ) dilaksanakan ke Kantor Dinas Sosial Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu.
E. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Koordinasi ke Dinas Sosial Kota Bengkulu dilaksanakan pada hari Selasa tanggal  20 Maret 2018.
 
F. Hasil Kegiatan
Hasil yang diperoleh dalam kegiatan koordinasi adalah : 
1. Menyepakati kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan penjangkauan melalui pogram home care terhadap penyandang disabilitas mental (PDM)/orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah kota Bengkulu.
2. Mendapatkan data nama-nama calon PM yang akan menjadi sasaran kegiatan home care Tahun 2018 di Kota Bengkulu.
3. Menyepakati dan menyusun teknis pelaksanaan kegiatan penjangkauan melalui program home care Tahun 2018.
4. Menyusun dan menyiapkan Tim yang akan mendampingi pelaksanaan kegiatan pendataan dan assesmen sebanyak 3 (tiga) orang.
5. Menyusun  dan menyiapkan Petugas/Tim yang akan mendukung kegiatan.
G. Penutup 
1. Kesimpulan 
Kegiatan koordinasi yang dilaksanakan Dinas Sosial Kota Bengkulu  telah menghasilkan kesepakatan untuk mengadakan kegiatan penjangkauan melalui Program Home Care terhadap Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu Tahun 2018.  
2. Saran 
a. Dinas Sosial Kota Bengkulu diharapkan melakukan pendataan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial termasuk Penyandang Disabilitas Mental (PDM)/Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).
b. Dalam melakukan pendataan harus dilengkapi dan disiapkan beberapa berkas yang menjadi kelengkapan data, misalnya KTP, KK, BPJS dll.
c. Instansi terkait agar memperhatikan dalam melakukan pembinaan dan memberi kemudahan kepada keluarga Penerima Manfaat (PM) dalam mengakses informasi dan kebutuhan PM khususnya obat-obat jiwa yang dibutuhkan.
Demikian laporan kegiatan koordinasi ini dibuat sebagai salah satu bukti pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya
 








Artikel dari PSBL "Dharma Guna" Bengkulu
http://dharmaguna.kemsos.go.id

URL:
http://dharmaguna.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=196