Home | Profile | Map | Contact

Profil
· Profil Panti
· Visi dan Misi dan Moto
· Struktur Organisasi
· Prosedur Pelayanan
· Mekanisme Penerimaan

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Web Links

Pencarian



Languages


English Indonesian

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.


BRSPDM
Dikirim oleh robin pada Jumat, 10 Juli 2020
Berita

 BRSPDM "Dharma Guna" Bengkulu Salurkan 800 Sembako untuk Masyarakat Terlantar Khususnya Penyandang Disabilitas Mental Di Provinsi Bengkulu

 

BENGKULU - Melihat kondisi perkembangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Bengkulu yang semakin hari terus meningkat menimbulkan kekhawatiran, karena masyarakat karena tidak dapat beraktifitas untuk mencari nafkah.

Atas dasar hal tersebut Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial mengeluarkan surat edaran Nomor 16/1/KS.02.01/4/2020 tentang refocusing anggaran untuk kebutuhan dasar warga terlantar. Berdasarkan surat edaran tersebut maka Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) "Dharma Guna" di Bengkulu melakukan refocusing anggaran internal untuk menyalurkan paket bantuan social (sembako) sebanyak 800 paket kepada masyarakat yang terdampak Covid -19 khususnya penyandang disabilitas mental. "Paket bantuan sosial sembako kepada masyarakat rentan dan marginal terdampak covid-19 di 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu dengan target penyaluran 800 paket sembako yang akan dibagi dalam tiga tahapan," jelas Kepala Balai, Dardi.

Ditambahkan, Dardi bahwa untuk tahap pertama sudah dilakukan pada 19 Mei 2020 yang disalurkan di 2 lokasi sebanyak 150 paket sembako, yaitu di Kota Bengkulu terdiri atas 93 paket melalui (LKS) Mitra Masyarakat Inklusi (MMI) dan Dinas Sosial Kota Bengkulu serta 57 paket melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara.

Tahap kedua disalurkan paket embako sebanyak 245 di Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong yang dilaksanakan pada 21 Mei 2020. Selanjutnya akan disalurkan di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur berjumlah 405 usai hari hari raya Idul Fitri," terang Dardi.

Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Bujang AR, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah membantu masyarakat Kota Bengkulu terdampak Pandemi Covid-19. "Bantuan ini sangat berguna bagi masyarakat yang sedang mengalami kemunduran ekonomi” tutur Bujang.

Salah seorang penerima bantuan,  Aini Zalia menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia dan Menteri Sosial yang telah memberikan bantuan sembako langsung. "Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat terbantu disaat kondisi sulit sekarang ini dan bisa bermanfaat bagi keluarga kami," ungkap Aini.

Sementara itu, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatulaah Sjahid, MM menghaturkan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakatnya. "Kami dari pemerintah daerah Kepahiang mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan ini dan semoga dapat meringankan beban warga kami para penerima manfaat terdampak Covid-19”, sampai Hidayattullah penyerahan bantuan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai, Dardi juga sempat menyapa penyandang disabilitas, Edwin Kurniawan. Penerima bantuan ini menyatakan sangat senang dan berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepadanya. "Kedepannya, BRSPDM "Dharma Guna" di Bengkulu akan terus melanjutkan penyaluran bansos sembako tahap tiga yang akan dilaksakan setelah Idul Fitri 1441 H," demikian pungkas Dardi. 



11 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 0)

Warga Bengkulu Selatan Sambut Hangat Bansos Kemensos
Dikirim oleh robin pada Jumat, 29 Mei 2020
Berita

 Warga Bengkulu Selatan Sambut Hangat Bansos Kemensos

 

Bengkulu, (28 Mei 2020) – Mencermati fenomena pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Provinsi Bengkulu, membuat Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) “Dharma Guna di Bengkulu tergerak kembali untuk menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada warga Bengkulu. Bansos berupa Sembako sebanyak 324 paket disalurkan dibeberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, diantaranya Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

 

Untuk penyaluran Bansos di Kabupaten Bengkulu Selatan diterima langsung Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi yang turut didampingi Kepala Dinas Sosial, Didi Ruslan  dan dihadiri pula Camat Se-Kabupaten Bengkulu Selatan, serta beberapa jajaran staf pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan. Selain itu, hadir pula Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Disabilitas, serta warga penerima manfaat.

 

Dalam sambutanya,  Gusnas Mulyadi menyampaikan, bahwa tidak mungkin Virus Corona ini akan musna, namun yang bisa dilakukan adalah berupaya melakukan pengendalian terhadap virus tersebut, seperti yang pernah dilakukan dalam menangani masalah Kholera, Cacar dan Malaria. Gunas Mulyadi juga menekankan, bahwa kita tidak boleh terjebak dengan suasana berdiam diri tanpa ada usaha,  “kita harus keluar dari kondisi ini dan kita tidak boleh mengulangi hal yang sama, kita harus hidup dengan tatanan baru dan untuk selamat dari Virus tersebut. Ada 3 (Tiga) hal yang harus diterapkan dalam tatanan hidup baru yaitu dengan berpegang pada prinsip  3B, yakni Bermasker, Berbasuh dan Berjauhan (menghindar)”, kata Gusnan Mulyadi.

 

Selain itu, Gusnan Mulyadi juga menekankan kepada seluruh camat yang hadir agar mensosialisasikan tatanan hidup baru kepada warganya masing-masing agar dapat terhindar dari Covid-19 tersebut. Tak lupa pula, Gusnan Mulyadi mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian Sosial melalui Balai Disabilitas“Dharma Guna” di Bengkulu atas perhatian dan rasa empatinya dengan memberikan Bansos sembako kepada masyarakat rentan dan marginal yang ada di Bengkulu Selatan.  “Dengan adanya bantuan ini masyarakat dapat terbantukan dan beban mereka menjadi lebih ringan”, tutur Gusman Mulyadi.

 

Untuk penyaluran bansos sembako di tiga Kabupaten itu sendiri terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, bahkan semua pihak merespon dengan baik dan proaktof  mendistribusikan Bansos sembako tersebut.

 

Humas BRSPDM “Dharma Guna” di Bengkulu



23 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 0)

' BERSATU KITA MAJU ' BRSPDM DHARMA GUNA DI BENGKULU PERINGATI HARI SUMPAH PEMUD
Dikirim oleh robin pada Senin, 28 Oktober 2019

 BENGKULU, SENIN 28 OKTOBER 2019

Pemuda adalah agen perubahan bagi bangsa dan negara, pemuda adalah pendobrak semangat kemerdekaan Indonesia.

"Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia"

Upacara berjalan khidmad, seluruh ASN dan karyawan serta Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) larut dalam heningnya upacara dan mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan, untuk dapat menjadi pemuda yang mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.**



112 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 0)

BRSPDM 'Dharma Guna' Di Bengkulu sebagai Pusat Penelitian
Dikirim oleh robin pada Kamis, 17 Oktober 2019
Berita

 BRSPDM "Dharma Guna" di Bengkulu menerima 72 orang Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu dalam rangka melaksanakan praktek Stase Keperawatan Jiwa yang akan akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 16-26 Oktober 2019.

.
Dalam sambutannya Kepala Balai, Dardi menjelaskan tugas dan fungsi Balai serta pelaksanaan program rehabilitasi sosial kepada PDM yang mencakup 9 (sembilan) provinsi di Sumatera.
.
Mahasiswa peserta praktek Stase Keperawatan Jiwa ini berasal dari 2 wilayah, yaitu Kab. Rejang Lebong dan Kab. Kepahiang yang merupakan mahasiswa tugas belajar dari Pemerintah Daerah setempat, demikian dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unived Bengkulu, Ida Samidah. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan BRPSDM Dharma Guna di Bengkulu yang sudah berjalan selama 3 tahun, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah melaksanakan praktikum di balai ini.**



66 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 0)

BERJUANG TANPA BATAS
Dikirim oleh robin pada Kamis, 10 Oktober 2019
Berita

 Awal dia datang badannya begitu lemah tak bergairah, tatapannya kosong seolah tiada harapan. Dia kelihatan bingung dan tidak tahu untuk apa sebenarnya dia datang.

Berasal dari keluarga kurang mampu, Sujiyanto lulusan SMP asal Provinsi Bangka Belitung yang juga sebagai Penyandang Disabilitas Mental/PDM yang sedang mengikuti program rehabilitasi sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental(BRSPDM)

"Dharma Guna" di Bengkulu.
Seorang duda dengan 1 orang anak laki-laki yang masih bersekolah di Sekokah Dasar dan diasuh oleh ibu kandungnya, menjadikan Sujiyanto sering melamun karena kerinduannya.

Dengan berbagai pendekatan yang intens dan sering diajak berkomunikasi serta rajin mengikuti proses rehabilitasi, Sujiyanto yang pada awalnya pendiam, sekejap berubah menjadi sosok yang terbuka, periang dan mudah berkomunikasi.

Sekilas kita tidak bisa membedakan Sujiyanto yang seorang PDM dengan orang lain pada umumnya. Melalui assesmen yang dilakukan oleh Pekerja Sosial dan petugas lainnya, ternyata Sujiyanto terampil pada bidang keterampilan mengelas.

Dengan fasilitas yang ada di balai, mulailah Sujiyanto mengikuti kegiatan terapi livelihood dengan keterampilan mengelas, dan benar dalam waktu tidak terlalu lama Sujiyanto memperlihatkan perkembangan yang sangat bagus. Dalam waktu 4 bulan Sujiyanto diikutkan dalam program Praktek Belajar Kerja (PBK) di bengkel las yang ada di Kota Bengkulu selama 1 bulan.

Tanggal 1 Juli 2019 Sujiyanto resmi disalurkan pada Perusahaan Bengkel Las "ANDIKA" yang merupakan mitra kerja BRSPDM "Dharma Guna" di Bengkulu.

Di bawah bimbingan dan pengawasan petugas balai, Sujiyanto menunjukkan perkembangan yang sangat bagus, kestabilan fisik dan psikologis untuk terus berjuang dan berkarya demi masa depan yang lebih cerah.

Penulis: Dardi
(Kepala BRSPDM Dharma Guna di Bengkulu)



130 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 0)

Powered by the AutoTheme HTML Theme System
Page created in 0.236632 Seconds